Jumat, 26 Maret 2010

Kurikulum Penjas dan Olahraga

BAB I
PENDAHULUAN

A.Latar Belakang
Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan merupakan bagian integral dari keseluruhan program pendidikan secara keseluruhan, bertujuan untuk mengembangkan aspek kebugaran jasmani, keterampilan gerak, keterampilan berfikir kritis, keterampilan sosial, penalaran, stabilitas emosional, tindakan moral, aspek pola hidup sehat dan pengenalan lingkungan bersih melalui aktivitas jasmani, olahraga dan kesehatan terpilih yang direncanakan secara sisitematis dalam rangka mencapai tujuan pendidikan nasional. Pendidikan sebagai suatu proses pembinaan manusia yang berlangsung seumur hidup, pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan yang diajarkan di sekolah memiliki peranan sangan penting yaitu memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk terlibat langsung dalam berbagai pengalaman belajar melalui aktivitas jasmani, olahraga dan kesehatan yang terpilih yang dilakukan secara sistemmatis. Pembekalan pengalaman belajar itu diarahkan untuk membina pertumbuhan fisik dan p[engembangan psikis yang lebih baik, sekaligus membentuk pola hidup sehat dan bugar sepanjang hayat.
Pendidikan memiliki sasaran pedagogis, oleh karena itu pendidikan kurang lengkap tanpa adanya pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan, karena gerak sebagai aktifiats jasmani adalah dasar bagi manusia untuk mengenal dunia dan dirinya sendiri yang senantiasa berkembang searah perkembangan jaman. Selama ini telah terjadi kecenderungan dalam memberikan mutu pendidikan yang hanya dikaitkan dengan aspek kemampuan kognitif. Pandangan ini telah membawa akibat terabaikannya aspek-aspek moral, akhlak, budi pekerti, seni, psikomotor, serta life skill. Dengan diterbitkannya Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standart Nasional Pendidikan akan memberikan peluang untuk menyempurnakan peluang untuk menyempurnakan kurikulum yang komprehensif dalam rangka mencapai tujuan pendidikan nasional. Pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan merupakan media untuk mendorong pertumbuhan fisik, perkembangan psikis, ketermpilan motorik, pengetahuan dan penalaran, penghayatan nilai-nilai (sikap-mental-emosional-sportivitas-spiritualsosial), serta pembiasaan pola hidup sehat yang bermuara untuk merangsang pertumbuhan dan perkembangan kualitas fisik dan psikis yang seimbang.

B.Tujuan
Mata pelajaran Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut :
1.Mengembangkan keterampilan pengelolaan diri dalam upaya pengembangan dan pemeliharaan kebugaran jasmani serta pola hidup sehat melalui berbagai aktivitas jasmani dan olah raga yang terpilih.
2.Meningkatkan pertumbuhan fisik dan perkembangan psikis yang lebih baik.
3.Meningkatkan kemampuan dan keterampilan gerakan dasar.
4.Meletakkan landasan karakter moral yang kuat melalui interalisasi nilai-nilai yang terkandung di dalam pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan.
5.Mengembangkan sikap sportif, jujur, disiplin, bertanggung jawab, percaya diri, dan demokratis.
6.Mengembangkan keterampilan untuk menjaga keselamatan diri sendiri, orang lain dan lingkungan.
7.Memhami konsep aktivitas jasmani dan olahraga di lingkungan yang bersih sebagai informasi untuk mencapai pertumbuhan fisik yang sempurna, pola hidup sehat dan kebugaran, terampil serat memiliki sikap yang positif.

C.Ruang Lingkup
Ruang lingkup mata pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan untuk jenjang SMP / MTs adalah sebagai berikut :
1.Permainan dan olahraga meliputi : olahraga tradisional, permainan. Eksplorasi gerak, keterampilan lokomotor, non lokomotor, dan manipulatif, atletik, kasti, rauders, kippers, sepak bola, bola basket, bola voli, tenis meja, tenis lapangan, bulu tangkis dan beladiri, serta aktivitas lainnya.
2.Aktivitas pengembangan meliputi : mekanika sikap tubuh, komponen kebugaran jasmani dan bentuk postur tubuh serta ativitas lainnya.
3.Aktivitas senam meliputi : ketangkasan sederhana, ketangkasan tanpa alat, ketangkasan dengan alat, dan senam lantai, serta aktivitas lainnya.
4.Aktivitas ritmik meliputi : gerak bebas, senam pagi, SKJ, dan senam aerobic serta aktivitas lainnya.
5.Aktivitas air meliputi : permainan di air, keselamatan air, keterampilan bergerak di air dan renang serta aktivitas lainnya.
6.Pendidikan luar kelas, meliputi : piknik / karya wisata, pengenalan lingkungan, berkemah, menjelajah dan mendaki gunung.
7.Kesehatan, meliputi : penanaman budaya hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari, khususnya yang terkait dengan perawatan tubuh agar tetap sehat, merawat lingkungan yang sehat, memilih makanan dan minuman yang sehat, mencegah dan merawat cidera, mengatur waktu istirahat yang tepat dan berperan aktif dalam kegiatan P3K dan UKS. Aspek kesehatan merupakan aspek tersendiri dan secara implisit masuk ke dalam semua aspek.

D.Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Kelas VII, Semester I
1.Mempraktikkan berbagai teknik dasar permainan dan olahraga, serta nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.
1.1Mempraktikkan variasi dan kombinasi teknik dasar salah satu permainan dan olahraga beregu bola besar lanjutan dengan koordinasi yang baik, serta nilai kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan.
1.2Mempraktikkan variasi dan kombinasi teknik dasar salah satu permainan dan olahraga beregu bola kecil lanjutan dengan koordinasi yang baik, serta nilai kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan.
1.3Mempraktikkan variasi dan kombinasi teknik dasar atletik serta nilai toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan.
1.4Mempraktikkan variasi dan kombinasi teknik dasar salah satu permainan dan olahraga beregu bela diri dengan koordinasi yang baik, serta nilai keberanian, kejujuran, menghormati lawan, dan percaya diri.
2.Mempraktikkan latihan kebugaran jasmani, dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.
2.1Mempraktikkan jenis latihan kekuatan dan daya tahan otot serta nilai disiplin dan tanggung jawab.
2.2Mempraktikkan latihan k daya tahan jantung dan paru-paru serta nilai disiplin dan tanggung jawab.
3.Mempraktikkan senam dasar dengan teknik dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.
3.1Mempraktikkan senam dasar dengan bentuk latihan keseimbangan bertumpu pada kaki, serta nilai disiplin, keberanian dan tanggung jawab.
3.2Mempraktikkan senam dasar dengan bentuk latihan keseimbangan bertumpu pada kaki, serta nilai disiplin, keberanian dan tanggung jawab.
4.Mempraktikkan senam irama tanpa alat dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.
4.1Mempraktikkan teknik dasar senam irama tanpa alat, gerak langkah kaki mengikuti irama, serta nilai disiplin, estetika, toleransi dan keluwesan.
4.2Mempraktikkan teknik dasar senam irama tanpa alat, gerak mengayun satu lengan mengikuti irama, serta nilai disiplin, estetika, toleransi dan keluwesan.
5.Mempraktikkan sebagian teknik dasar renang gaya dada dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.
5.1Mempraktikkan teknik dasar gerakan kaki renang gaya dada, serta nilai disiplin, keberanian dan kebersihan.
5.2Mempraktikkan teknik dasar gerakan langan renang gaya dada, serta nilai disiplin, keberanian dan kebersihan.
5.3Mempraktikkan teknik dasar gerakan kaki, gerakan lengan dan pernafasan gaya dada, serta nilai disiplin, keberanian dan kebersihan.
6.Mempraktikkan perkemahan dan dasar-dasar penyelamatan di lingkungan sekolah dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.
6.1Mempraktikkan pemilihan tempat yang tepat untuk mendirikan tenda perkemahan, mempraktikkan teknik dasar pemsangan tenda untuk perkemahan di lingkungan sekolah secara beregu, serta nilai kerjasama, tanggung jawab dan tenggang rasa.
6.2Mempraktikkan penyelamatan dan P3K terhadap jenis luka ringan, serta nilai kerjasama, tanggung jawab dan tenggang rasa.
7.Menerapkan budaya hidup sehat.
7.1Memahami pola makan sehat.
7.2Memahami perlunya keseimbangan gizi.

Kelas VII, Semester 2
8.Mempraktikkan teknik dasar dan olahraga dan nilai-nilai yang trerkandung di dalamnya.
8.1Mempraktikkan teknik dasar salah satu nomor olahraga bola besar beregu lanjutan serta nilai kerjasama, toleransi, memecahkan masalah, menghargai teman dan keberanian.
8.2Mempraktikkan teknik dasar salah satu nomor olahraga bola kecil beregu dan perorangan, serta nilai kerjasama, kejujuran dan menghormati lawan.
8.3Mempraktikkan teknik dasar salah perorangan lanjutan atletik serta nilai disiplin, semangat, sportivitas, percaya diri dan kejujuran.
8.4Mempraktikkan teknik dasar salah satu permainan dan olahraga perorangan bela diri lanjutan serta nilai kerjasama, kejujuran, percaya diri dan menghormati lawan.
9.Mempraktikkan latihan kebugaran jasmani dan nilai-nilai yang trerkandung di dalamnya.
9.1Mempraktikkan jenis latihan untuk kelentukan dan keseimbangan serta nilai disiplin dan tanggung jawab.
9.2Mempraktikkan jenis latihan kecepatan dan kelincahan serta nilai disiplin dan tanggung jawab.
10.Mempraktikkan teknik dasar senam lantai dan nilai-nilai yang trerkandung di dalamnya.
10.1Mempraktikkan teknik dasar gerak guling depan serta nilai kedisiplin, keberanian dan tanggung jawab.
10.2Mempraktikkan teknik dasar guling belakang serta nilai disiplin, keberanian dan tanggung jawab.
11.Mempraktikkan senam irama tanpa alat dan nilai-nilai yang trerkandung di dalamnya.
11.1Mempraktikkan teknik dasar senam irama tanpa alat gerak mengayun dua lengan mengikuti irama serta nilai disiplin, estetika, toleransi dan keluwesan.
11.2Mempraktikkan teknik dasar senam irama tanpa alat dengan melangkah dan mengayun, serta nilai disiplin, estetika, toleransi dan keluwesan.
12.Mempraktikkan teknik dasar renang gaya bebas dan nilai-nilai yang trerkandung di dalamnya.
12.1Mempraktikkan koordinasi gerakan kaki dan lengan renang gaya bebas serta nilai disiplin, keberanian dan kebersihan.
12.2Mempraktikkan koordinasi gerakan lengan dan pernapasan renang gaya bebas serta nilai disiplin, keberanian dan kebersihan.
12.3Mempraktikkan koordinasi renang gaya bebas serta nilai disiplin, keberanian dan kebersihan.

13.Menerapkan budaya hidup sehat.
13.1Memahami berbagai penyakit menular seksual (PMS).
13.2Memahami cara menghindari penyakit menular seksual.

Kelas VIII, Semester I
1.Mempraktikkan berbagai teknik dasar permainan dan olahraga, dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.
1.1Mempraktikkan teknik dasar salah satu permainan dan olahraga beregu bola besar lanjutan dengan koordinasi yang baik, serta nilai kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan.
1.2Mempraktikkan teknik dasar salah satu permainan dan olahraga beregu bola kecil lanjutan dengan koordinasi yang baik, serta nilai kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan.
1.3Mempraktikkan teknik dasar salah satu permainan olahraga atletik lanjutan dengan koordinasi yang baik serta nilai kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan.
1.4Mempraktikkan teknik dasar salah satu permainan dan olahraga bela diri lanjutan dengan koordinasi yang baik, serta nilai keberanian, kejujuran, menghormati lawan, dan percaya diri.
2.Mempraktikkan latihan kebugaran dalam bentuk latihan-latihan sirkuit, dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.
2.1Mempraktikkan latihan kekuatan dan daya tahan anggota bahan bagian atas dengan sistem sirkuit serta nilai disiplin dan tanggung jawab.
2.2Mempraktikkan latihan kekuatan dan daya tahan anggota badan bagian bawah dengan sistem sirkuit serta nilai disiplin dan tanggung jawab.
3.Mempraktikkan teknik dasar senam lantai dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.
3.1Mempraktikkan teknik dasar senam lantai meroda berdasarkan konsep serta nilai kedisiplin, keberanian dan tanggung jawab.
3.2Mempraktikkan teknik dasar senam lantai guling lenting, serta nilai kedisiplin, keberanian dan tanggung jawab.
4.Mempraktikkan senam irama dengan alat dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.
4.1Mempraktikkan teknik dasar senam irama menggunakan tongkat atau atau simpai dengan gerakan mengayun dan memutar ke berbagai arah serta nilai disiplin, toleransi dan estetika.
4.2Mempraktikkan kombinasi gerakan mengayun/memutar ke berbagai arah dengan gerak melangkah, serta nilai disiplin, toleransi, keluwesan gerak dan estetika.
5.Mempraktikkan sebagian teknik dasar renang gaya bebas dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.
5.1Mempraktikkan teknik dasar gerakan kaki renang gaya bebas, serta nilai disiplin, keberanian dan kebersihan.
5.2Mempraktikkan teknik dasar gerakan langan renang gaya bebas, serta nilai disiplin, keberanian dan kebersihan.
5.3Mempraktikkan teknik dasar pernafasan gaya bebas, serta nilai disiplin, keberanian dan kebersihan.
6.Menerapkan budaya hidup sehat.
6.1Mengenal bahaya seks bebas.
6.2Menolak budaya seks bebas.

Kelas VIII Semester 2
7.Mempraktikkan teknik dasar dan olahraga dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.
7.1Mempraktikkan variasi dan kombinasi teknik dasar salah satu permainan dan olahraga beregu bola besar lanjutan serta nilai kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan.
7.2Mempraktikkan variasi dan kombinasi teknik dasar salah satu permainan dan olahraga bola kecil lanjutan dengan koordinasi yang baik, serta nilai kerjasama, toleransi, percaya diri , keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan.
7.3Mempraktikkan variasi dan kombinasi teknik dasar lanjutan atletik dengan koordinasi yang baik, serta nilai percaya diri , keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan.
7.4Mempraktikkan variasi dan kombinasi teknik dasar salah satu permainan dan olahraga bela diri lanjutan dengan koordinasi yang baik, serta nilai kerjasama, toleransi, percaya diri , keberanian, menghormati lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan.
8.Mempraktikkan latihan kebugaran dan nilai-nilai yang trerkandung di dalamnya.
8.1Mempraktikkan jenis latihan untuk kecepatan dan kelincahan anggota badan bagian atas serta nilai disiplin dan tanggung jawab.
8.2Mempraktikkan latihan kecepatan dan kelincahan anggota badan bagian bawah serta nilai disiplin dan tanggung jawab.
9.Mempraktikkan teknik dasar senam lantai dan nilai-nilai yang trerkandung di dalamnya.
9.1Mempraktikkan teknik dasar gerak meroda dan guling depan serta nilai disiplin, keberanian dan tanggung jawab.
9.2Mempraktikkan teknik dasar guling depan dan guling lenting serta nilai disiplin, keberanian dan tanggung jawab.
10.Mempraktikkan senam irama tanpa alat dan nilai-nilai yang trerkandung di dalamnya.
10.1Mempraktikkan variasi gerakan mengayun ke berbagai arah serta nilai disiplin, estetika, toleransi dan keluwesan gerak.
10.2Mempraktikkan variasi gerakan memutar ke berbagai arah serta nilai disiplin, estetika, toleransi dan keluwesan.
11.Mempraktikkan teknik dasar renang gaya dada dan nilai-nilai yang trerkandung di dalamnya.
11.1Mempraktikkan koordinasi teknik dasar meluncur lanjutan, gerakan kaki dan lengan gaya dada dalam jarak tertentu bebas serta nilai disiplin, keberanian dan kebersihan.
11.2Mempraktikkan koordinasi teknik dasar pernapasan renang gaya dada serta nilai disiplin, keberanian dan kebersihan.
12.Mempraktikkan budaya di sekitar sekolah dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.
12.1Mendeskripsikan perencanaan kegiatan penjelajahan secara sederhana.
12.2Memparaktikkan keterampilan penjelajahan di sekitar sekolah serta nilai kerjasama, toleransi, tolong menolong, etika, memperhatikan, keselamatan dan kebersihan lingkungan.
13.Menerapkan budaya hidup sehat.
13.1Memahami berbagai penyakit menular yang bersumber dari lingkungan tidak sehat.
13.2Memahami cara menghindari penyakit menular yang bersumber dari lingkungan tidak sehat.

Kelas XI, Semester 1
1.Mempraktikkan berbagai teknik dasar ke dalam permainan dan olahraga, dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.
1.1Mempraktikkan variasi dan kombinasi teknik dasar salah satu permainan dan olahraga beregu bola besar lanjutan dengan konsisten, serta nilai kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan.
1.2Mempraktikkan variasi dan kombinasi teknik dasar salah satu permainan dan olahraga beregu bola kecil lanjutan dengan konsisten, serta nilai kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan.
1.3Mempraktikkan teknik dasar salah satu permainan olahraga atletik lanjutan baik serta nilai toleransi, percaya diri, keberanian, menjaga keselamatan diri dan orang lain, bersedia berbagi tempat dan peralatan.
1.4Mempraktikkan vasriasi dan kombinasi teknik dasar salah satu permainan dan olahraga bela diri lanjutan dengan konsisten, serta nilai keberanian, kejujuran, menghormati lawan, dan percaya diri.
2.Mempraktikkan jenis latihan beban dengan alat sederhana untuk meningkatkan kebugaran kebugaran dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.
2.1Mengidentifikasi jenis-jenis latihan yang sesuai dengan latihan.
2.2Mempraktikkan latihan kekuatan, kecepatan daya tahan dan kelentukan untuk kebugaran jasmani sesuai dengan kebutuhan dengan menggunakan alat sederhana serta nilai semangat, tanggung jawab, disiplin dan percaya diri.
3.Mempraktikkan rangkaian gerak senam lantai dengan gerakan yang benar dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.
3.1Memparktikkan rangkaian senam lantai tanpa alat serta nilai percaya diri, kerjasama, disiplin, keberanian dan keselamatan.
3.2Mempraktikkan beberapa rangkaian senam lantai, serta nilai keberanian, kedisiplin, keluwesan dan estetika.
4.Mempraktikkan rangkaian gerak senam irama tanpa dan dengan alat serta nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.
4.1Memparktikkan rangkaian aktivitas ritmik tanpa alat dengan koordinasi gerak yang baik serta nilai disiplin, toleransi, keluwesan, dan estetika.
4.2Memparktikkan rangkaian aktivitas ritmik berirama menggunakan alat dengan koordinasi gerak yang baik serta nilai disiplin, toleransi, keluwesan, dan estetika.
5.Mempraktikkan sebagian teknik dasar renang gaya punggung dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.
5.1Mempraktikkan teknik dasar gerakan kaki renang gaya punggung, serta nilai disiplin, keberanian dan kebersihan.
5.2Mempraktikkan teknik dasar gerakan langan renang gaya punggung, serta nilai disiplin, keberanian dan kebersihan.
5.3Mempraktikkan teknik dasar pernafasan gaya punggung, serta nilai disiplin, keberanian dan kebersihan.
6.Mempraktikkan dasar-dasar penjelajahan di alam bebas dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.
6.1Mempraktekkan rencanaan kegiatan penjelajahan.
6.2Memparaktikkan berbagai keterampilan untuk memecahkan masalah yang ditemukan dalam aktivitas penjelajahan di alam bebas serta nilai kerjasama, disiplin , keselamatan dan kebersihan dan etika.
7.Menerapkan budaya hidup sehat.
7.1Memahami berbagai bahaya kebakaran.
7.2Memahami cara menghindari bahay kebakaran.

Kelas XI, Semester 2
Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar.
8.Mengembangkan berbagai teknik dasar ke dalam permainan dan olahraga dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.
8.1Mempraktikkan variasi dan kombinasi teknik dasar salah satu permainan dan olahraga beregu bola besar lanjutan dengan tepat dan lancar serta nilai kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan.
8.2Mempraktikkan variasi dan kombinasi teknik dasar salah satu permainan dan olahraga bola kecil lanjutan dengan tepat dan lancar, serta nilai kerjasama, toleransi, percaya diri , keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan.
8.3Mempraktikkan teknik dasar lanjutan atletik serta nilai toleransi, percaya diri, keberanian, keselamatan, berbagi tempat dan peralatan.
8.4Mempraktikkan variasi dan kombinasi teknik dasar salah satu permainan dan olahraga bela diri lanjutan dengan tepat dan lancar, serta nilai keberanian, kejujuran, menghormati lawan, dan percaya diri.
9.Mempraktikkan tes kebugaran jasmani secara sederhana.
9.1Mempraktikkan tes kesegaran jasmani secara sederhana.
9.2Menginterpretasi secara sederhana hasil tes dalam menentukan derajat kebugaran.
10.Mempraktikkan rangkaian gerak senam dan nilai-nilai yang trerkandung di dalamnya.
10.1Mempraktikkan rangkaian senam lanatai tanpa alat serta nilai percaya diri, kerjasama, tanggung jawab dan menghargai teman.
10.2Mempraktikkan rangkaian senam lanatai dengan alat serta nilai percaya diri dan disiplin.
11.Mempraktikkan senam irama dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.
11.1Mempraktikkan kombinasi gerak berirama tanpa alat dengan koordinasi yang benar serta nilai disiplin, toleransi, keluwesan, dan estetika.
11.2Mempraktikkan kombinasi gerak rangkaian senam irama menggunakan alat dengan koordinasi serta nilai disiplin, toleransi, keluwesan, dan estetika.
12.Mempraktikkan kecakapam teknik dasar renang dan nilai-nilai yang trerkandung di dalamnya.
12.1Mempraktikkan koordinasi teknik dasar meluncur, gerakan kaki dan lengan gayrenanga bebas dalam jarak tertentu bebas serta nilai disiplin, keberanian dan kebersihan.
12.2Mempraktikkan koordinasi teknik dasar meluncur, gerakan kaki, lengan dan pernapasan renang gaya bebas serta nilai disiplin, keberanian dan kebersihan.
13.Mempraktikkan keterampilan dasar penjelajahan dan penyelamatan aktivitas di alam bebas dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.
13.1Mempraktekkan perencanaan dasar-dasar kegiatan menjelajah alam bebas serta nilai kerjasama, toleransi, tolons menolong, pengambilan keputusan dalam kelompok.
13.2Memparaktikkan keterampilan dasar penyelamatan penjelajahan di alam bebas serta nilai kerjasama, toleransi, tolons menolong, pengambilan keputusan dalam kelompok.
14.Menerapkan budaya hidup sehat.
14.1Memahami berbagai bahaya bencana alam.
14.2Memahami cara menghadapi berbagai bencana alam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar